Monday, June 18, 2012

Another Planet Bumi Review: What Jimi Multhazam Says about PB new album..

Senangnya, walau cuma merilis terbatas album "The Worst of..." tapi respon teman-teman dekat dan sejawat cukup membuat hari membuncah. Salah satunya respon jagoan new wave jakarta Jimi Multhazam di blognya. Silahkan langsung diklik di http://jimijimz.wordpress.com/2012/06/17/playlist-17-juni-planet-bumi-muncul-kembali/

Berikut kopas kata-kata mutiara oom Jimi tersebut:

Playlist 17 Juni: Planet Bumi muncul kembali


"Waktu Nyoman (vokalis Planet Bumi) menitipkan sebuah CD utuk Sandra Ateria (MD Trax FM), gue tergelitik melihat cover depannya. Anjrit keren nih covernya. Akhirnya gue malakin Nyoman untuk meminta satu CD lagi untuk gue pribadi. Asli seneng gue. Sebelum gue mendengar isi CD ini, terlebih dulu gue kagum sama artwork sampulnya. Karya Wendi Talok aka Visualblah. Ornamen yang mengelilingi illustrasinya sangat keren. Sekilas gue langsung teringat dengan ornamen belakang sebuah kartu


Lebih jauh malah ingatan gue melayang ke ornamen album Suicidal Tendencies


Eh Suicidal mah make latar belakang ornamen bandana yha, bukan kartu. Tapi semua itu cuma gambar-gambar yang berkelebatan di kepala gue ketika memegang artwork CD Planet Bumi. Karya Visualblah ini bener-bener steril dan gue terkesima di buatnya. Rasanya gak sabar pengen pulang dan memutar CD ini.

Planet Bumi adalah band Indie Pop/Alternative Pop yang cukup lawas. Sejak 1996 mereka sudah aktif main di gigs-gigs underground/Indie ibu kota. Kita bisa sebut mereka sebagai band Indie Pop angkatan Poster. Dan The Worst of… adalah album ke empat mereka.

Walau nama mereka tidak meledak secara komersial, tapi mereka tetap aktif main di gigs-gigs indie pop dan merilis album. Ini yang membuat Planet Bumi keren. Dan album ini adalah rekaman mereka yang paling cling di antara rilisan lainnya. Pengalaman rekaman dan kemajuan teknologi telah mengasah mereka rupanya.

Track ke 7 menjadi favorit gue. Judulnya aja ngeri… Sindrom Dunia Peri. Dan  satu lagi Musibah Besar Menanti juga menjadi nomor favorit gue. SEcara lirik Nyoman memang senang memilih kata-kata bersayap penuh bias. Dari musiknya kalo lo suk The Smith, Oasis dan indie pop 90an lain lo pasti masuk banget dengan album ini.

Ketika gue taya Nyoman, kenapa judul albumnya The Worst Of… Doi menjawab: ”Sebnernya jembatan aja sih. Untuk The Best. makanya pake The Rest nanti The Bestnya…”
Hmmm gue mangkap ada rencana merilis koleksi-koleksi lawas seteleah rilisan ini. Kalo susah mencari rilisan album ini jangan sungkan hubungi Facebook mereka Planetbumiband atau Trampolinrecords. Sedaaaappp…."

 Thanks ya oom Jimi......

amz

No comments: