Tuesday, June 12, 2012

Lagu Plabum Direview di Dotuku.com

Mungkin karena konsistensi atau ngeyel, anak-anak Planet Bumi ga ada kapoknya bikin album sendiri. Album terbaru kami, The Worst of baru aja selesai dan diedarkan secara gerilya. Salah satu lagu dai album tersebut "Buta Mata Hati Mati" direview oleh bro Wahyu Nugroho dotuku.com. Thanks berat buat reviewnya ya. Berikut nih kopas nya, semoga bisa memberikan info mengenai musik-musik yang perlu didengar rekan-rekan semua.

OUT NOW, @planetbumi new album , "the worst of........", order : info@trampolinrecords.com, or contact 081311057002. cheers!

"Dari penyanyi papan atas sampai nama yang belum terdengar, kami pilihkan 15 lagu lokal wajib dengar di bulan Juni ini. Dimulai dari bulan ini, kami akan mulai memilihkan beberapa daftar lagu yang kami rekomendasikan kepada para pembaca dotuku untuk disimak di tiap bulannya. Beberapa dari daftar yang ada adalah lagu terbaru yang segar. Semua daftar disini berada dari beragam genre, dari straight pop, pop dengan campuran elektronik dan punk, soul murni, dub, blues, rock cadas, straight indierock atau yang dengan campuran psikedelia. Sesuatu yang bisa membuka cakrawala audio kalian lebih luas lagi. Ini lah 15 lagu lokal wajib dengar di bulan Juni ini. Enjoy! 

1. Netral – Dia 
Terambil dari album kesebelas mereka yang bertajuk Unity, trio asal Ibukota ini membuktikan kembali bahwa mereka masih punya taring yang tajam untuk kembali mengigit lewat lagu-lagu mereka. Salah satunya adalah “Dia”, lagu yang didapuk jadi single pertama mereka ini hadir dengan hentakan pop melodic yang keras membungkus lirik yang sederhana, cenderung lugas namun bermakna dalam tentang hubungan manusia dengan Tuhan dan alam. 

2. Ipang Lazuardi – Kabar Baik 
Terambil album solo Ipang yang bertajuk Hey Hey Hey, disini Ipang menunjukkan warna – warni musikal yang tidak lari dari rock n roll. “Kabar Baik”, track pertama dari album membuka pendengaran dengan melodi gitar ala Santana, polesan musik yang lebih chill-out, namun dengan lirik-lirik yang kuat menyentil. 

3. Jamie Aditya - & Now You’re Gone
Dari VJ, aktor, lsekarang konsen di jalur musik. Warna-warni soul lawas dari Sly Stone sampai Curtis Mayfield menghiasi setiap jengkal melodi dan musik di album ini. Lagu “& Now You’re Gone” membuka cakrawala audio kalian dengan suasana beat yang semangat yang membalut suara falset Jamie menghembuskan melodi-melodi ringan, super-catchy. Wajib dengar! 

4. Dub Youth – Bomb Da Town 
Sebuah eksplorasi menarik ditampilkan unit duo dub kota gudeg, Poppa Tee dan D’Metz yang memulai popularitas mereka di sirkuit dan lantai dansa underground di kota Jogja dan sekitarnya. Musik mereka adalah perkawinan dari banyak elemen, reggae/dub, dancehall rasa jamaika bercampur dengan elektronik, jungle, drum n bass, dan breakbeat. Lagu “Bomb Da Town, Bomb Da Town” seolah panggilan untuk memanaskan lantai dansa yang ramai. Wajib dengar!

5. Dear Nancy – Love
Berawal dari kesukaan masing-masing personilnya terhadap melodi-melodi indah khas masa lalu yang dibawa dari band-band seperti The Beatles dan Everly Brothers dan The Beach Boys, band asal Bekasi ini menyuarakan pesan cinta kepada umat manusia lewat lagu yang diambil dari album kedua mereka yang bertajuk sama. 

6. Planetbumi – Buta Mata Hati Mati
Lewat album terbarunya, The Worst of, salah satu band britpop lawas di Jakarta ini kembali eksis di dunia musik tanah air. Lagu ini dibangun di atas suasana jangly-pop ala The Smiths, dengan petikan gitar yang mengingatkan pendengarnya akan sosok gitaris The Smiths, Johnny Marr. Ingin tahu tentang jangly-pop? Dengar lagu ini disini

7. Pure Saturday – Horsemen 
Di album terbarunya, Grey yang dirilis Mei 2012 kemarin, band pop-alternatif lawas asal Bandung ini kembali dengan langkah baru yang lebih progresif. Salah satu yang harus disimak adalah “Horsemen”, lagu yang punya pesilangan musikal antara Marilion dan Rush, dua nama di klan rock progresif dunia, disajikan Pure Saturday dengan gaya yang ringan, dan unik.  

8. Bayu Risa – Desire (featuring Hannah Al Rashid and J Flow) 
Setelah albumnya, Rise and Start Again yang sukses, Bayu Risa merilis lagu barunya. Disini Bayu masih mengandalkan ekletisme electronic, pop, funk dan R&B berbalut nuansa disko yang membuat pendengarnya bergoyang. Hadirnya vokal girly dari Hannah Al Rashid dan rap dari J-Flow membuat lagu ini utuh dan berkarakter. 

9. Komunal – Gemuruh Musik Pertiwi
Komunal membawa musik rock/heavy metal kepada tingkatan nostalgia sama ketika kita mendengar lagu-lagu dari band semacam God Bless atau band-band Rock Indonesia 70-an lainnya, dipadukan dengan sound dari band-band macam Kyuss dan lainnya. Hasilnya adalah sound rock yang solid dan padat, feels like trip to the pastime. 

10. Too Weak To Dance – Goresan Tinta
Anak-anak pop punk Bandung ini tampil dengan membawa kemasan pop punk dan elektronik ke dalam musiknya. Satu album sudah mereka telurkan dan kini mereka melepas lagu bertajuk “Goresan Tinta”. Aska dari Rocket Rockers, hadir berbagi part vokalnya. Khusus bagi penyuka pop punk, dengar lagu mereka disini 

11. Payung Teduh – Angin Pujaan Hujan 
Kuartet akustik ini hadir membawakan suasana musik akustik yang laid back. Tiap lagunya seolah musik latar kepada penggambaran visual, seperti film atau teater. Wajib dengar!  

12. Ginda and The White Flowers – Let Me Try 
Meski belum berpotensi menggantikan posisi Gugun Blues Shelter, namun sebagai trio, Ginda and The White Flowers lumayan berani memunculkan taringnya di industri musik tanah air. Balutan blues yang solid dan berani menjadi modal mereka. Dari album debutnya, lagu "Let Me Try" ini wajib untuk didengar. 

13. Zeke Khaseli – Jules et Jim 
Musisi multi instrumentalis ini membawa psikedelia ke arah yang lebih tinggi. Lirik yang memberikan semangat kepada semua orang untuk menunjukkan eksistensi mereka masing-masing. 

14. Kaveh Kanes – Rose Garden 
Band asal Jogjakarta yang beranggotakan kakak beradik keturunan Yaman ini memainkan musik pop yang terdengar unik dan ekletik. Wajib dengar! 

15. Nick – Ghost 
Nick adalah grup yang dibentuk oleh Nick, eks gitaris Amazing In Bed. Lewat lagunya, "Ghost", Nick menyemburkan putaran wall of sound dengan diriingi beat dance. Wajib dengar!"


AMZ

No comments: