Monday, July 30, 2012

Menangani Risiko ala ERMCP.....Apa itu???

Dinamika persaingan perusahaan saat ini sudah semakin maju dan pimpinan perusahan sangat membutuhkan informasi yang tepat dan cepat dalam menentukan langkah yang tepat untuk dapat tetap bersaing. Salah satu informasi yang perlu diketahui dan didalami para pemimpin perusahaan adalah informasi mengenai risiko yang memberikan berpengaruh bagi pencapaian tujuan perusahaan. Karena risiko bisa memberikan dampak buruk atau sebaliknya membuka peluang bagi perusahaan. 


Identifikasi dan penanganan risiko sudah tidak bisa dilepaskan lagi dari proses bisnis perusahaan, karena selama ada tujuan yang ingin dicapai perusahaan maka risiko akan ada. Memahami hal ini, Manajemen PT JIEP mulai awal tahun 2012 menerapkan Manajemen Risiko didalam struktur perusahaan. Dimana manajemen risiko dimasukkan kedalam struktur PT JIEP kedalam Bagian Manajemen Risiko yang bertugas secara khusus mengidentifikasi, mencatat, menyusun langkah penanganan dan mendokumentasikan risiko-risiko dalam setiap proses bisnis PT JIEP.

Dan sebagai salah satu wujud keseriusan PT JIEP dalam menerapkan Manajemen Risiko adalah perolehan sertifikasi profesional untuk manajemen risiko atau Enteprise Risk Management Certified Professional (ERMCP) oleh Kabag Manajemen Risiko PT JIEP Achmad Maulizal.


Email pemberitahuan perolehan sertifikasi ERMCP dari ERMA Singapura. Termasuk didalamnya Nomor registrasi ERMCP yang berlaku international

Langkah Memperoleh Sertifikat ERMCP

Untuk mendapatkan sertifikasi ERMCP, kandidat mengikuti proses pelatihan Pelatihan Intensif ISO 31000 Standard Internasional Manajemen Risiko ERM Fundamental yang diadakan oleh CRMS Indonesia (Link tulisan pelatihan: http://keluargamaulizal.blogspot.com/2012/07/pelatihan-sertifikasi-iso-31000-erm.html), para kandidat ERMCP akan memperoleh sertifikat keberhasilan dalam menyelesaikan pelatihan dengan baik (certificate of accomplishment) untuk hal-hal fundamental dari ISO 31000. Sertifikat  tersebut  adalah  bentuk  pengakuan  bahwa  seseorang  telah  memahami  sepenuhnya  hal-hal fundamental yang terkait dengan ISO 31000, dan memiliki kompetensi yang cukup untuk berperan serta dalam implementasi ISO 31000 di suatu organisasi. Pengakuan ini akan bermanfaat baik bagi seseorang yang terlibat dalam  implementasi  ISO  31000 di perusahaan  atau  institusi mereka  sendiri, maupun  yang memiliki peran sebagai konsultan atau asesor independen untuk ISO 31000.

Foto bersama peserta training dan ujian sertifikasi ERMCP di Bandung Juli 2012 lalu. 

Kemudian Peserta  yang  berhasil  menyelesaikan semua  proses  pelatihan  dengan  baik, dapat mengikuti asesmen untuk memperoleh gelar ERMCP (Enteprise Risk Management Certified Professional) yang diberikan oleh ERM Academy yang berbasis  di  Singapore.  Walaupun  biaya dan  pengaturan  teknis  asesmen  untuk ERMCP adalah di luar investasi pelatihan ISO 31000 fundamentals, staf profesional CRMS  Indonesia  dapat membantu  proses  pendaftaran  dan  pelaksanaan  asesmen tersebut. Pelaksanaan asesmen akan dilakukan di tempat yang sama dengan pelatihan ISO 31000 fundamentals, dijadwalkan setelah proses pelatihan selesai. Masing-masing kandidat akan diuji dalam suatu proses asesmen secara tertulis yang memakan waktu kurang-lebih dua jam. Asesmen tertulis tersebut diadakan  dalam  Bahasa  Inggris dengan soal pilihan berganda.

Manfaat ERMCP Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan yang menerapkan manajemen risiko berbasis ISO 31000, keberadaan ERMCP menjadi sebuah pendorong untuk penerapan manajemen risiko yang baik. Karena ERMCP akan menjadi katalisator pelaksanaan standar ERM ISO 31000 secara profesional dan sesuai dengan panduan yang ada dalam ERM ISO 31000.

Disamping itu, keberadaan ERMCP juga membukakan pintu bagi perusahaan untuk berhubungan dengan dunia ERM, karena pemegang ERMCP secara otomatis dimasukkan kedalam lingkaran profesional manajemen risiko dibelahan dunia lain.

4 comments:

Hamzah Manroe said...

Selamat ya pak sudah certified risk manajemen.. Ntr sya nyusul deh... bagi2 bocoran soalnya dunk.... Hehehe
Hamzah-LPP MEDAN

Keluarga Maulizal said...

Pakde Hamzah, makasih ya. Kirain kemarin ikut ujian sertifikasi juga? soa bocoran tenang, ada beberapa yg masih inget hehehehe. tapi intinya mesti bagus bahasa inggrisnya mas. secara materi EBA nya full inggris.

Santi Marlinah said...

kalo ga salah mulai 2013 ini, ujian sertifikasinya sdh berbahasa Indonesia ya Pak :)

Keluarga Maulizal said...

Ibu Santi Marlinah...yang saya dengar juga begitu...jadi dari CRMSnya akan membukaperwakilannya di Indonesia....tapi kalo memang mau yang bahasa indonesia sekarang bisa mengambilnya di PPM atau Lembaga Manajemen Resiko di Jakarta bu....salam