Monday, July 16, 2012

Membuka lembaran baru dengan Honda CB 125 1977

Akhirnya.....cuma itu yang langsung terucap ketika Honda CB 125 tahun 1977 diturunkan dari mobil blind van ke halaman depan garasi rumah, Selasa malam 10 Juli 2012. Bukan apa-apa, sudah lama mengidamkan punya CB dan dihari Selasa (tepat 1 hari sebelum Pilgub DKI 2012)  itu Papa membayar lunas mahar seharga Rp.x,x jt kepada Oom Reza Fariz dirumahnya didaerah simpang lima Dago Bandung. Maka dimulailah lembaran baru hidup Kel. Maulizal dengan hadirnya motor tua tapi klasik tersebut. Jreng jreng........


Motor laki pada masanya. Kalo sekarang kok naiknya kaya naik motor-motoran ya? hehehehe. Tapi tetap klasiknya ga ilang ya..
Berawal dari akan masuknya Abang Raia ke TK A Ar Ridho, Papa yang selama ini kemana-mana dianter jemput Pak Barkah harus mengalah. Karena sekarang Pak Barkah bertugas mengantar jemput Abang Raia, maka Papa harus nyari motor tunggangan lagi. Honda New Mega Pro sempat dibidik Papa untuk dijadikan tunggangan. Selain gagah, juga ga beda-beda jauh dari Yamaha Byson Papa yang telah lama dipindahtangankan. Yaitu sama-sama motor laki, berkopling bukan matic. Emang matic bukan motor laki apa? Tau ahh.....

Aduh Abang, seragam TK nya kaya Aladin. Nanti biar Pak Barkah yang antar jemput ya ke TK A Ar Ridho. 
Tapi mengingat sifat Papa yang sudah diakui oleh banyak orang yakni suka bosenan, maka terlintas pemikiran kalau beli motor muda pasti nanti bosen dijual lagi harganya jatuh. Sama kaya Byson lagi, dipake ga setahun dah rugi 4 juta. Maka dari itu, diputuskan Mama sebagai Menteri Keuangan Negara untuk membeli motor murah meriah saja, macam Honda Revo 2009 yang sudah dipake Pak Barkah. Tapi sekali lagi, Papa maunya motor laki, masa naik bebek. Emang bebek bukan motor laki apa? Jawab sendiri...

Surat mandat yang diterima dari Mama coba dikompromikan Papa dengan mengajukan proposal membeli Honda CB saja. Selain murah, perawatan gampang dan kalo nanti dirawat harga jualnya bisa melambung bung. Dan ini hasil riset loh, kalo honda CB itu, terutama yang tahun 70-an harga naiknya pertahun (Ditekankan bukan harga turun) adalah 15-25 persen pertahun. Sala itung aja, kalo tahun ini beli Rp. 5 juta mungkin 10 tahun lagi jadi Rp. 50 juta. Bayangkan!!! Itu kalo umur kita nyampe ya 10 tahun kedepan hehehehe.

Difoto sebelum berangkat nyoblos Pilgub. Bener-bener si Kake semangat, tuh keliatan kakinya saat nyalain si jagur. 

Tapi itu bukan tujuan utama Papa beli CB loh. Kalo mau nyari untung mah tetap beli Emas atau Tanah, dijamin pasti. Tapi sebenarnya tujuan utama Papa adalah mewujudkan mimpi sejak kecil dulu untuk memiliki motor yang dulu ketika kecil sering ditunggangi bareng Bokap keliling kota. Yaitu ya CB 125 tahun 77. Bukan tanpa alasan milih tahun 77, selain itu tahun kelahiran Papa, juga karena tahun segitu Bokap dapet jatah CB 125 dari PT Angkasa Pura kantornya. Dan motor jatah itu dipiara hingga Papa menginjak umur kelas 4 SD. Kebayangkan kenangannya yang melekat dari sebuah motor CB 125?

Pencarian Dan Penjemputan


Keputusan membeli CB tanpa banyak interpelasi langsung diteken Mama selaku Menteri Keuangan. Tinggal satu lagu, persetujuan dari Kake dan Bunda selaku pelaku sejarah langsung dengan yang namanya motor CB. Dan ini bukan perkara gampang. Karena begitu nyebut CB, yang diingat mereka adalah masa-masa susah huhuhuhuhu.

Diantaranya kebanjiran di Cempaka Putih, Mogok saat pulang dinas malam atau malah yang parahnya nabrak orang gara-gara remnya blong. Waduh, bisa gagal beli CB tuh kalo ga dapet restu mereka. Tapi dengan pendekatan dan penjelasan yang mendalam, persetujuan Bokap Nyokap didapat juga. Malah Kake yang semangat banget untuk segera dibeli yang namanya CB.
Gambar si jagur dari iklan tokobagus.com oom reza. Masih lumayan banyak yang nempel barang orinya. Makasi yang za dah ngerawat motor buat ane pake hehehehe

Segera pencarian dilakukan, dan seperti manusia modern pada umumnya, nyari apa tinggal klik sana klik sini lewat kaskusco.id. dan tokobagus.com. Sampai papa menemukan iklan jualannya Oom Reza Fariz (http://motor-dan-sekuter.tokobagus.com/honda/honda-cb-6740648.html) yang menawarkan CB 125 tahun 1977 warna merah. Bagaikan sudah diatur yang diatas (Allah SWT maksudnya ya, bukan orang betulin genteng) proses pindah tangan motor mengalir dengan lancar dan tanpa kendala. Bahkan proses jemputnya tuh motor ke Bandung di rumah Oom Reza menjadi sebuah piknik bareng Kaka Rakhel dan Abang Raia.

SI jagur dari sisi Kiri. Perhatikan Tutp Magnet nya sudah memakai blok GL Pro karena menganut CDI. Selain tidak rewel untuk pemakaian harian, modif ini sudah menjadi hal yang wajib bagi pengguna CB tua.

Terima kasih ya Bro Reza, telah merelakan si Jagur (sebutan sayang Oom Reza buat tuh motor) baut dipinang Papa. Semoga segera menemukan penggantinya atau malah yang lebih keren dapetnya ya, amien. Terima kasih juga buat Omses yang telah nyetirin mobil blind van ke Bandung, Pak Barkah yang nemenin dengan petikan gitar sepanjang perjalanan dan Oom Ambon yang tidur terus PP Jakarta-Bandung-Jakarta.

Nantikan cerita lainnya dari Si Jagur ya. Restoration in Motion......

AMZ

No comments: