Tuesday, January 29, 2013

Bermain Bikin Pintar di Pinisi Edutainment Park

Sudah lama sebenarnya ingin mengajak anak-anak menghabiskan weekend tidak hanya di bermain di mal dan bermain permainan video games.

Bak gayung bersambut waktu dapat info dari Meyrinda Nauli ada undangan Family Gathering & Workshop Blogger gratis di Pinisi Edutainment Park. Alhamdulilah setelah Mama Santi menghubungi Pihak Pinisi lewat Twitter @pinisindonesia, Mama mendapat email balasan. Undangan tersebut berlaku untuk 2 orang dewasa dan 2 anak-anak. Horeeee senangnya hatiku karena Mama Santi bisa belajar untuk lebih baik dalam hal menulis blog, yang memang Mama Santi akui bahwa kemampuan menulis Mama Santi jauuuuh dibanding para blogger yang laennya :).

Sebenernya agak malu dan sekaligus tersanjung mendapat kesempatan ini malu karena Mama Santi sudah lamaaa sekalu tidak update blog, dengan berbagai kesibukan rumah, kantor dan juga lapak Savyra Shop , tersanjung sebagai salah seorang blogger biarpun pasif mendapat kesempatan yg istimewa ini dari Pinisi Edutainment Park :D.

Kaka Rakhel dan Abang Raia juga senang banget waktu diberitahu kalau kita ber4 (Papa, Mama, Kaka dan Abang) pergi ke Pinisi Edutainment Park.

Maaf yah Baby Ratisha nanti kapan2 kita ajak kesini lagi :* Adek dirumah sama Bunda Emmy aja yaaah muaaach.

Sabtu, 26 Januari 2013, petualangan dimulai. Pinisi Edutainment Park berlokasi di Pasaraya Blok M lantai 8-9-10. Untuk sementara ini Lantai 8 belum beroperasi karena masih proses pembangunan wahana science centre yang akan dibuka Juni 2013. Jadi kita langsung meluncur ke Lantai 9.

Keluar Lift kita disambut dengan ramah oleh kakak2 dari Pinisi. 
Registrasi Desk


Mata Kaka Rakhel dan Abang Raia langsung bersinar melihat Kapal besar yg berada ditengah area Pinisi. Setelah daftar langsung deh kita menjelajah di Pinisi.


Petunjuk Arah ;)
Gak tahan untuk berpose dengan Background Kapal Pinisi ;)

Karena kita masuk lift dari bangunan baru Pasaraya Blok M, Pertama yang terlihat di lantai 9 ini adalah adanya Kelas-kelas untuk anak-anak, ada Kelas Pendalangan, Kelas Tari, Kelas Gamelan, Kelas Batik, Kelas Angklung, Kelas Vokal. Kelas2 ini ditujukan untuk anak usia 4-16 tahun dan setiap sesi berdurasi 30 menit dan bisa diikuti 6-10 orang anak. Jika ada anak yg ingin bergabung di tengah sesi kelas harus menunggu sampai sesi tersebut selesai.

Kaka Rakhel berkesempatan mengikuti Kelas Batik and She loves it very much ;)


Kaka Rakhel di Kelas Batik


Dilantai 9 ini selain kelas-kelas tersebut ada juga berbagai macam permainan yang tentunya sangat diminati Kaka Rakhel dan Abang Raia, mereka gak berhenti-hentinya bergantian bermain wahana Carousel, wahana Film 4 Dimensi, flying fox, mobil-mobilan "Kiss Car", Kids Playground yang sangat besar tingginya sampai ke lantai 10. Oh iyaaaa ada Theater Pinisi, di dalam theater ini dipertunjukan Drama Lutung Kasarung dan Film pengetahuan lainnya.  
Kids Playground
Antri Flying Fox

Berlanjut ke Lantai 10, disini ada berbagai wahana Toddler Area, wahana membuat layangan, wall climbing, wahana Cho Cho Train, cyber Game. 
Kaka Rakhel sedang Wall Climbing


Toddler Area
Toddler & Cyber Game Area
Cho Cho Train
kita bisa melihat ke lantai 9 jika naik kereta ini

Ada juga pojok Kak Seto Centre dimana kita bisa mengenali minat dan bakat anak kita.



Hal lain yang menjadi perhatian Mama Santi dan Papa Mauli adalah dekorasi Pinisi Edutainment Park ini. Banyak dekorasi berbentuk rumah adat tradisional dari berbagai daerah di Indonesia salah satunya ada Rumah Adat Betawi, Papa Mauli selaku orang betawi langsung deh minta kita foto didepannya hehehehe. Ada juga rumah adat Papua, Toraja dan masih banyak yang lainnya.



Mengenai Workshop Penulisan Blog sendiri diadakan di Theater Pinisi. Acara dimulai pukul 11 dan dibuka oleh Mbak Ari Kartika, Direktur Pinisi Edutainment Park yang cantik. Menurut keterangan beliau Pinisi Edutainment Park ini dibuka pada bulan November 2012 dengan temana Taman Bermain sambil Belajar Kesenian dan Kebudayaan Indonesia. Oooooo pantes emang bener siy Kaka Rakhel dan Abang Raia banyak belajar setelah bermain di PED. Dari belajar membatik, bikin rangkaian kereta dari Lego, mengenal cerita rakyat dan juga rumah adat istiadat.

Setelah sambutan dari Mbak Ari Kartika, acara langsung dilanjutkan dengan sharing dari Mbak Asteria Elanda, Penulis  dan Pemimpin Redaksi Majalah Good Housekeeping . Menurut Mbak Aster dalam menulis itu kita harus memperhatikan unsur 5 W 1 H, huuuuaaaaaa apalagi ituuuu. Selama ini tujuan Mama Santi menulis di Blog hanya untuk sharing informasi tentang apapun itu. entah tempat tujuan wisata, sekolah/ taman bermain untuk anak2, jadi kalau ditanya apakah tulisan mama Santi memenuhi kriteria 5 W 1 H hhhmmmm gak yakin deh :S

Ternyata menurut penjelasan Mba Asteria 5 W 1 H itu adalah What When Who WHere Why dan How dan ternyata kadang tanpa disadari oleh si penulis, tulisan tersebut kadang sudah memiliki kriteria 5 W 1 H itu...waduuuuh beneran banyak manfaatnya workshop ini. Jadi menambah ilmu Mama Santi di bidang menulis yg memang nihil hehehhehe

Setelah itu ternyata ada kejutan dari Mbak Asteria, kita para peserta Workshop diminta untuk menulis dengan tema Sharing & Blessing dalam waktu hanya 15 menit....hadeeeuuuuhhh....udah lama banget gak nulis dan update blog jadinya beneran mati gaya hiks....Akhirnya dengan mengerahkan kekuatan bulan eh salah kemampuan yang seadanya jadilah tulisan tentang Ajal yang tidak kenal usia dan waktu menjadikan kita untuk selalu bersyukur dan lebih baik dalam beribadah (diilhami dengan kejadian salah satu Guru Sekolah Kaka Rakhel yang meninggal diusia muda).



Setelah sesi menulis ini, acara dilanjutkan dengan Makan Siang :) kita menuju ke Kedai Pinisi di lantai 10,  Tapi sayang pelayanannya lama sekali. dan tidak terorganize dengan baik. Padahal tempatnya luas, bersih dan edukatif juga karena disalah satu dinding di kedai ini ditempel foto para pahlawan nasional. Jadi anak-anak sambil nunggu makanan datang bisa sambil baca dan belajar sejarah juga :)


Kedai Pinisi

Setelah Makan siang, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba penulisan Sharing&Blessing. Dan sesuai perkiraan Mama Santi tidak menang hehehehe gak papa tetap semangat untuk terus menulis....Merdeka!!!!

Acara Family Gathering dan Workshop Blogger ditutup dengan Pertunjukan Lutung Kasarung. Pertujukan ini juga ikut melibatkan anak-anak yg berkunjung. Seruuuu bangeeet deh...Anak-anak jadi bisa mengasah kemampuan berakting dan juga keberanian untuk tampil di atas panggung dan tentunya bisa mengenai cerita rakyat Indonesia. Satu yang agak kurang mungkin pemain utamanya bisa menggunakan clip-on jadi waktu perform gak perlu teriak2an atau mungkin bisa dibikin dubbing. Jadi alur ceritanya lebh jelas dan rapi ;)
Alhamdulilah Kaka Rakhel dan Abang Raia menikmati sekali pertunjukan Lutung Kasarung ini, terbukti dengan tidak beranjaknya mereka duduk didekat panggungnya :)


Pertunjukan Lutung Kasarung

Biarpun acara sudah selesai tapi Kaka Rakhel dan Abang Raia belum mau pulang, mereka masih betah bermain di Pinisi Edutaniment Park. Mereka masih bermain beberapa wahana 4D, Kiss Car, Wall Climbing, dan di Toddler Area. Belum pulang pun Abang Raia sudah minta kembali ke Pinisi Edutaniment Park lagi," Ma...besok kita kesini lagi yah...please...please...,"Kata Abang Raia dengan mata memelasnya heheheh....,"Insya Allah pasti kita kesini lagi ;)."


Wahana 4 Dimensi

Carousel

Kiss Car

Terlepas dari berbagai kekurangannya menurut pendapat Mama Santi, saya masih bisa menutup mata karena Anak-anak benar2 mendapat pengalaman baru dengan datang ke Pinisi Edutaniment Park ini. Tapi saya harap Pinisi Edutaniment Park terus memperbaiki kekurangan2 tersebut dan menjadi lebih baik demi kemajuan anak bangsa. Maju Terus yah Pinisi Edutaiment Park.

Oh iya...ini yah info detil Pinisi Edutainment Park ada dibawah ini ;)

Lokasi:
Gedung Pasaraya Blok M LAntai 8-9-10
Jalam Iskandarsyah II No. 2
Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Web: http://pinisi.co.id/Twitter : @PinisiIndonesia
FB : Pinisi Edutainment Park 


HTM dan Waktu Operasional
STH

6 comments:

Lidya - Mama Cal-Vin said...

salam kenal mbak, sama2 ke pinisi tapi belum kenalan nih :)

masrafa.com said...

Salam kenal ya mbak.

Kalo kemarin gak ke Pinisi, de gak nambah teman deh.

Senang bisa ngobrol sama mbak Santi

Keluarga Maulizal said...

Iyaaa aku jg seneng bs nambah temen dan ilmu ;) next kopdar ultah blogger yah ketemu emak2 hebat semua

Keluarga Maulizal said...

Hai mba lidya...yuuk kapan ketemuan lagi. Salam kenal jg ya

siti nurjanah said...

benar-benar wahana yang edukatif ya . . .

melihat gambar2nya pasti anak-anak ga akan bosan main di sana.

Keluarga Maulizal said...

Iya Bunda Zia...jarang niy tempat bermain yg bertema nusantara malah menurutku ini satu2nya....oh iya selama disana musik yg dimainkan dipengeras suaranya lagu2 daerah gitu...seru deey. very recommended deh ;)

Salam Kenal yah