Friday, April 15, 2011

Mainan Boneka Anak Asli Betawi Part 1

Buat teman-teman yang  lahir dan besar di Jakarta, ingatkah ketika kita masih kecil dulu suka terpingkal-pingkal melihat Ondel-onel beraksi? Atau pernah mendengarkan lagunya sang legenda Benyamin S yang berjudul Ondel Ondel? Kira-kira seperti ini liriknya:

Nyok, kite nonton ondel-ondel
Nyok, kite ngarak ondel-ondel
Ondel-ondel ade anaknye
Anaknye ngigel ter-iteran

Mak, bapak ondel-ondel ngibing
Ngarak penganten disunatin
Goyangnye asyik endut-endutan
Nyang ngibing igel-igelan.....

 Kebayangkan langsung serunya nonton ondel-ondel dikepala kita semua?

Sayangnya, sejalan dengan perkembangan jaman, Ondel-ondel semakin lama semakin tersingkirkan. Semakin susah ditemukan. Kadang hanya ada didaerah-daerah pinggiran. Kalaupun ada, paling diacara-acara yang diselenggarkan oleh orang asli betawi atau Pemda. Padahal Ondel-ondel ini asli kesenian Betawi.

Nah, daripada punya kangen yang tidak tersalurkan, kenapa tidak beli figure doll Ondel-ondel? Memangnya ada pabrik yang bikin? Siapa bilang pabrik yang bikin? Adalah Pak Dali yang masih mebuat dan menjual figure doll Ondel-ondel.

Papa Molly tidak sengaja bertemu Pak Dali saat melintasi Jl. Percetakan Negara Raya, selepas jembatan serong. Waktu pertama melihat yang kebayang ya itu, betapa dulu ketika kecil Ondel-ondel selalu menjadi tontonan yang memikat.

Dengan segera mobil dipinggirkan dan Papa Molly menghentikan Pak Dali untuk membeli boneka Ondel-ondel. Sepasang Ondel-ondel pria dan wanita dijual Pak Dali seharga Rp.80.000. Langsung tanpa nawar dibeli sepasang. Rencananya buat dipajang dirumah sekaligus sebagai pembelajaran budaya buat Kaka Rakhel dan Abang Raia.

Pak Dali dan dagangan ondel-ondel nya. Sederhana tapi tetap menghidupkan budaya Betawi

Ayo dicatet nomornya Pak Dali, buat pesen boneka ondel-ondelnya.
Buat yang mau memiliki ondel-ondel Pak Dali silahkan dihubungi nomor hpnya di 081386397464 atau 02193447199. Lucu juga loh kalo buat souvenir, selain khas Betawi juga ga ada dimana-mana. Kecuali kalo desainnya dicuri pabrik dan dibikin massal ya???

No comments: